SISWA MAN 2 KOTA KEDIRI HADIRI PROGRAM LITERASI CAMP BANGKITKAN MINAT BACA PELAJAR

Minat baca generasi muda Indonesia terus menurun. Kemendikbudristek berkolaborasi dengan Yayasan Askara ciptakan kegiatan Literasi Camp, Minggu (13/10/2024) acara berlangsung dengan melibatkan masyarakat dan para pelajar aktif. Kegiatan Literasi Camp Berlokasi di Taman Baca Puri Anjali, Jl. Mangga No.74, Kaliombo, Kota, Kota Kediri. Ketua pelaksana, Baharuddin mengatakan, kegiatan Literasi Camp adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di masyarakat melalui berbagai program kelas pembelajaran, yaitu Kelas Keluarga, Kelas Cerpen, Kelas Jurnalistik, Kelas Dongeng, dan Kelas Read Aloud, masing-masing dirancang untuk mengasah kreativitas, minat baca, serta teknik bercerita.

Mutia selaku siswa MAN 2 Kota Kediri dari kelas XI-9 mengaku mengikuti literasi camp ini menjadi pengalaman yang berkesan sebab para generasi Z di era Mondial ini butuh hal yang seperti ini. Sangat berguna terutama mengungkapkan atau menuangkan ekspresi dalam bentuk tulisan. Apalagi tulisan merupakan hal yang dapat diabadikan atau dipublikasikan

Literasi Camp memberikan dampak positif bagi masyarakat, membuka peluang baru bagi peserta, termasuk orang tua. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk mencari donatur, terutama melalui program beasiswa untuk anak yatim yang disediakan oleh Yayasan Askara. Dengan demikian, peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga dapat merasakan manfaat langsung dari program ini” ungkap Bahruddin. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi atas jalannya kegiatan juga momen ini menjadi simbol kebersamaan dan kenangan indah yang akan kami bawa pulang. Kegiatan literasi yang telah kami ikuti tidak hanya memperkaya wawasan, tetapi juga membangun komunitas yang solid di antara para pelajar. Melalui pengalaman ini, kami belajar bahwa literasi adalah kunci untuk membuka berbagai pintu kesempatan, baik dalam pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap acara seperti ini terus dilaksanakan, sehingga lebih banyak siswa dapat terinspirasi dan termotivasi untuk menjadikan membaca dan menulis sebagai bagian penting dari hidup mereka.

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts